BAB 2 MATERI TIK KELAS XI

Definisi dan Cara Mengakses Internet
Istilah Internet berasal dari bahasa Latin, yang berarti "antara". Secara per kata, Internet berarti jaringan antara atau penghubung. Fungsi Internet menghubungkan berbagai jaringan yang tidak saling bergantung satu sama, sehingga dapat saling berkomunikasi. Sistem yang digunakan pada setiap jaringan tidak m'enjadi masalah, apakah sistem DOS atau UNIX.
Jaringan lokal biasanya terdiri atas komputer sejenis (misalnya DOS atau UNIX). Internet mengatasi perbedaan berbagai sistem operasi dengan menggunakan bahasa yang sama oleh semua jaringan dalam pengiriman data. Pada dasarnya, hal inilah yang menyebabkan besarnya dimensi Internet.
Dengan demikian, definisi Internet adalah jaringannya jaringan, dengan menciptakan kemungkinan komunikasi antarjaringan di seluruh dunia tanpa tergantung pada jenis komputernya.



Untuk mengakses Internet, kamu dapat menggunakan cara di bawah ini.
1. Sambungan langsung ke jaringan
Kamu dapat menggunakan sebuah komputer yang secara langsung mempunyai hubungan ke Internet. Sebagai contoh, kamu mungkin menggunakan sebuah PC yang merupakanbagian dari sebuah jaringan komputer yang mempunyai hubungan ke Internet.


2. Sambungan dengan menggunakan SLIP/PPP
Untuk menggunakan hubungan dial-up telepon, kamu memerlukan sebuah alat. untuk mengkonversi sinyal komputer (digital) menjadi sinyal telepon (analog) dan sebaliknya. Alat untuk rherigkonversi sinyal digital ke sinyal analog disebut modulator. Sedangkan, alat untuk mengkonversikan sinyal analog ke sinyal digital disebut demodulator. Untuk mengakses Internet melalui hubungan telepon


3. Sambungan langsung ke Online Service seperti BBS dan CompuServe.
Untuk menjadi sebuah host Internet tanpa harus memiliki hubungan/wtf-ft'tfwke Internet (yangumumnya sangat mahal), terdapat sebuah cara men-setup sebuah host Internet melalui hubungan telepon. Untuk melakukan hal tersebut, kamu perlu mengadakan perjanjian dengan sebuah host Internet yang lain yang bertindak sebagai titik hubungan.




Internet merupakan salah satu solusi Iuar biasa yang pernah didptakan oleh manusia. Informasi apa pun dan dari manapun memungkinkan untuk diperoleh melalui teknologi ini. Bayangkan, sebagai penggunanya saja, kamu dapat menjadi lebih pintar dalam waktu singkat dengan menguasai informasi yang kanru inginkan. Dengan berbagai kemudahan di dalamnya, dunia akan berada dalam "genggamanmu


Sebelum terdapat Internet, ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency) atau Departemen PefEahanan Amerika pada tahun 1969 membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari terjadinya informasi terpusat,.yang apabila terjadi perang dapat dengan mudah dihancurkan. Jadi, apabila satu bagian dari sambungan network terganggu oleh serangan musuh, jalur yang melalui sambungan itu secara otomatis dipindahkan ke sambungan lainnya. Setelah itu, Internet




2. Prinsip Koneksi
Bagaimana sebuah komputer dapat terhubung dengan Internet? Satu komputer dapat terhubung dengan komputer lainnya jika komputer tersebut berada dalam satu jaringan dengan komputer lainnya. Jaringan tersebut disebut dengan network. .

Jaringan dimulai dari yang sangat sederhana sampai ke dalam bentuk yang lebih kompleks:" Jaringan sederhana adalah hubungan satu komputer dengan komputer lainnya.


3. Kegunaan Internet
Banyak kegunaan Internet yang menguntungkan dalam semua bidang (bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi, dan bidang lainnya), antara lain sebagai berikut.
1. Informasi yang diperoleh lebih cepat dan murah dengan aplikasi di bawah ini.
• E-mail,
• WWW,
• NewsGroup,
• FTP,
• Gopher,
2. Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, seperti
• koran masuk Internet,
• majalah, brosur, dan media cetak lainnya.
3. Sebagai media promosi, seperti
• Citra'perusahaan,
• pengenalan dan pemesanan produk.
4. Komunikasi interaktif, seperti
• e-mail,
• dukungan pelanggan dengan WWW,
• video conferencing,
• Internet relay chat,
• Internet phone.

5. Sebagai alat research and development.
6. Pertukaran data.

4. Pertumbuhan Internet
Pertumbuhan Internet saat ini cukup pesat. Dari data statistik, diperoleh data sebagai berikut.
a. 3 juta host sudah terkoneksi diakhir tahun 1994.
b. Populasi 30 juta pengguna (tahun 1995).
c. Pertumbuhan 10 % tiap bulan.
d. 100 juta pengguna pada tahun 1998, diperkirakan pada tahun 2010 semua orang akan terhubung ke
Internet.

Mendeskripsikan Fungsi Perangkat Kef as yang Digunakan untuk Akses Internet
Untuk mulai menggunakan Internet, minimal kita membutuhkan satu buah komputer, modem, dan line telepon. Kita juga harus mendaftarkan diri ke Internet Service Provider (ISP) untuk mendapatkan software serta akses ke Internet.
Agar dapat melakukan segala aktivitas melalui Internet, komputer harus terhubung dengan Internet melalui layanan khusus yang disebut Internet Service Provider (IS?). Terdapat banyak car a yang dapat digunakan untuk dapat terhubung dengan Internet, beberapa di antaranya adalah menggunakan gelombang radio, saluran TV kabel, jaringan telepon, atau telepon genggam (handphone). Akan tetapi, media yang umum digunakan adalah melalui saluran telepon (dikenal sebagai PPPI' Point-to-Point Protocol).
PPP adalah sebuah protokol TCP/IP yang umum digunakan untuk mengkoneksikan sebuah komputer ke Internet melalui saluran telepon dan modem.

1. ,Perangkat

Pribadi (Personal Computer)

Perangkat keras yang paling utama digunakan untuk koneksi Internet adalah seperangkat komputer dengan spesifikasi tertentu yang mendukung untuk akses Internet. Spesifikasi minimal komputer yang dapat digunakan. untuk akses Internet, yaitu seperangkat komputer dengan processor Pentium atau setaranya minimal Pentium 133 MHz, didukung RAM berkecepatan 32 MB dan forcfcfo£berkapasitas cukup besar yang diperlukammtuk menyimpan program-program (software) yang berhubungan dengan Internet. Berikut ini merupakan contoh spesifikasi perangkat komputer yang mendukung akses Internet.

Motherboard Processor Memory Harddisk VGA Card Optical Drive Floppy Drive Keyboard + Mouse Casing + Power Supply Opertaing System Sound Card Monitor

DFI
Pentium 4 dari Intel
512MB
SATA 80 GB
ATI Radeon 128 MB
DVD-ROM Combo
Generic 1.4 MB
Generic
Aibo 480 Watt
Windows XP Professional Edition
Onboard
Philips Flat 17 inch



2. Modem {Modulator-Demodulator) . r
Modem merupakan perangkat yang saat ini paling banyak digunakan untuk melakukan koneksi ke Internet, khususnya melalui saluran telepon. Modem digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. Misalnya, digunakan untuk menghubungkan dua komputer melalui dial-up dengan menggunakan saluran telepon dalam mengakses data melalui jaringan atau Internet.
Kecepatan sebuah modem diukur dengan satuan bps {bit per second) atau kbps (kilo bit per second). Kecepatan modem bervariasi, yaitu antara 300 bps 56,6 kbps, tetapi kecepatan yang umum digunakan saat ini, yaitu antara 14,4 - 56,6 kbps. Semakin tinggi kecepatannya maka akan semakin baik karena akan mempersingkat waktu koneksi dan menghemat biaya telepon.


3. Perangkat Lunak (Software)
Terdapat beberapa software yang dapat digunakan untuk mengakses Internet, antara lain Internet Explorer dan Netscape Navigator. Jika kamu telah menggunakan sistem operasi Windows 2000 atau lebih, Internet Explorer sudah merupakan bawaan atau terinstal secara otomatis pada saat kamu menginstal sistem operasi tersebut. Akan tetapi, jika kamu menggunakan Windows 95 atau Windows 98 maka kamu harus menambahkan atau menginstal Internet Explorer secara terpisah.
4. 'Internet Service Provider (ISP)
Untuk berlangganan Internet, kamu harus menghubungi penyedia jasa Internet (provider) yang terdapat di kotamu. Akan tetapi, saat ini dengan terobosan baru seperti Telkomnet Instan dari Telkom, pengguna jasa Internet hanya perlu menghubungi Telkom (dial) pada nomor tertentu tanpa harus melakukan registrasi yang rumit.
Jika semua perangkat untuk akses Internet telah terpenuhi, kamu dapat langsung mencoba dan secara online dapat memperoleh informasi yang kamu inginkan, berkenalan atau ngobrol (chatting), atau untuk mengisi waktu luang.


1. Dial-up
Dial-up merupakan layanan yang disediakan untuk para pengguna Internet yang ingin menggunakan akses melalui kabel telepon yang didukung oleh modem. Pada umumnya, ISP membagi layanan ini dengan berbagai macam paket, seperti Personal dial-up, ditujukan untuk keperluan perorangan atau penggunaan Internet yang cukup jarang. Sebenarnya, siapa pun pengguna dan personal dial-up ini tidak masalah, tetapi ditujukan untuk mereka yang hanya menghidupkan Internet apabila dibutuhkan dan secara rata-rata setiap hari penggunaannya hanya beberapa saat atau beberapa jam.
2. Hotspot
Hotspot merupakan layanan untuk pengguna yang membutuhkan koneksi Internet pada lokasi-lokasi tertentu seperti di mal, kafe, dan bandara. Koneksi ini dapat digunakan dengan menggunakan notebook {komputer jinjing) yang didukung oleh teknologi Wi-Fi.
3. Mobile Access
Mobile access merupakan salah satu layanan akses Internet yang dapat diperoleh secara mudah dan praktis melalui perangkat telepon genggam {handphone), sehingga dapat menggunakan Internet di mana pun kamu berada, selama masih dalam daerah cakupan {coverage area) dari operator telepon genggam {handphone).
4. Wireless
Wireless merupakan layanan Internet dengan menggunakan teknologi tanpa kabel. Teknologi ini cukup berkembang akhir-akhir ini, mengingat biaya yang dibebankan hanya biaya koneksi Internet dan kamu dapat terhindar dari biaya telepon.


Penggunnaan IT dalam Bidang Pendidikan
Arti IT (Information Technology) dalam bidang pendidikan seharusnya berarti tersedianya saluran atau sarana yang dapat digunakan untuk menyiarkan program pendidikan. Akari tetapi, pemanfaatan IT di Indonesia baru memasuki tahap mempelajari berbagai kemungkinan pengembangan dan penerapan IT untuk pendidikan yang memasuki milenium ketiga ini.
Penggunaan IT ini bukanlah suatu wacana yang asing di negeri Paman Sam. Pemanfaatan IT dalam bidang pendidikan sudah merupakan kelaziman di Amerika Serikat pada dasawarsa yang telah lalu. Hal ini merupakan salah satu bukti utama ketertinggalan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lain di dunia.
Informasi yang diwakili oleh komputer yang terhubung dengan Internet sebagai media utamanya telah tnampu memberikan kontribusi yang demikian besar untuk proses pendidikan. Teknologi interaktif ini memberikan katalis untuk terjadinya perubahan mendasar terhadap peran guru, dari informasi ke transformasi. Setiap sistem sekolah harus bersifat moderat terhadap teknologi yang membuat mereka belajar dengan lebih cepat, lebih baik, dan lebih cerdas. Teknologi Informasi menjadi kunci menuju model sekolah. masa depan yang lebih baik.
Usaha-usaha dari anak-anak bangsa juga terus dilakukan untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dalam hal penyampaian proses pendidikan dengan penggunaan IT. Misalnya, baru-baru: ini Telkom, Indosat, dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Telkom menyatakan akan terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas infrastruktur jaringan telekomunikasi yang diharapkan dapat menjadi tulang punggung (backbone) untuk pengembangan dan penerapan IT untuk pendidikan serta implementasi-implementasi lainnya di Indonesia.
Banyak aspek dapat diajukan untuk dij adikan sebagai alasan-alasan untuk mendukung pengembangan dan penerapan IT untuk pendidikan dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas pendidikan nasional Indonesia. Salah satu aspeknya ialah kondisi geografis Indonesia dengan sekian banyaknya pulau yang terpencar-pencar dan kontur permukaan buminya yang seringkali tidak bersahabat, biasanya diajukan sebagai kandidat untuk pengembangan dan penerapan IT untuk pendidikan. IT dicalonkan untuk menjadi fasilitator utama untuk meratakan pendidikan di bumi Nusantara, sebab IT yang mengandalkan kemampuan pembelajaran jarak jauhnya tidak terpisah oleh ruang, jarak, dan waktu. Demi penggapaian daerah-daerah yang sulit, diharapkan penerapan IT untuk pendidikan dilakukan secepat mungkin di Indonesia.

2. Mengenai Homepagt
..........
Informasi-informasi yang terdapat di WWW dikemas dalam bentuk halaman-halaman web {web page). Sekumpulan halaman web milik seseorang atau suatu perusahaan dikumpulkan dan diletakkan dalam sebuah situs web {website). Homepage adalah istilah untuk mehyebut halaman pertama yang akan kamu lihat jika sebuah situs web diakses dan merupakan suatu informasi dalam World Wide Web, Suatu homepage dapat memuat informasi mengenai apa pun yang dapat kamu bayangkan. Gambar 2.2 memperlihatkan halaman pertama {homepage) dan situs http://www.e-smartschool.com/. Situs tersebut menipakan salah satu situs yang menyediakan informasi-informasi pendidikan anak yang dapat diakses dengan bebas melalui Internet.




Untuk membangun suatu situs atau halaman web, kamu terlebih dahulu harus mengertimengenai HTML. HTML terdiri atas tag-tag yang mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing. Tag adalah kode yang berada di antara tanda <>. Bentuk umum dari suatu tag diawali dengan , kemudian teks yang akan dimasukkan, dan diakhiri dengan . Tag-tag tersebut ditulis secara berpasangan. Saat program browser menampilkan suatu halaman web, browser tersebut akan mencari tag pembuka, kemudian menampilkan teks dengan bentuk yang sesuai dengan deftnisLdari tag tersebut, dan kemudian mencari tag penutup sebagai batasannya. Tidak semua tag harus ditulis berpasangan, karena terdapat beberapa tag tertentu yang hanya perlu ditulis tunggal.
Elemen yang dibutuhkan untuk membuat suatu dokumen HTML dinyatakan dengan tag , , dan berikut tag-tag pasangannya.


Situs search engine selalu digunakan oleh pengguna Internet untuk mencari arti atau uraian dari sebuah kata kunci. Search engine dan direktori-direktorinya tidaklah seragam antara satu dengan lainnya. Perbedaannya terletak pada cara membuat daftar hasil penggabungannya.
Search engine niemiliki tiga komponen penting. Pertama, elemen yang disebut laba-laba (spider) yang disebut juga dengan crawler. Elemen spider mengerjakan akses (kunjungan) ke situs-situs web, membaca isinya, dan kemudian mengikuti link-link yang terdapat pada situs. Elemen ini mengakses situs-situs web secara periodik satu atau dua bulan untuk melihat apakah terdapat perubahan dari situs tersebut.
Setiap informasi yang dijumpai elemen spider selalu akan ditulis dalam sebuah indeks. Indeks merupakan elemen kedua dari search engine. Indeks disebut juga katalog yang mirip dengan sebuah buku raksasa, berisi salinan {copy) dari setiap situs yang dikunjungi elemen spider. Jika elemen spider menemukan perubahan dari sebuah situs web, maka informasi dari situs web yang terdapat dalam katalog ini akan segera diperbaharui {update). Kadang-kadang diperlukan sebuah penulisan halaman baru sesuai hasil temuan elemen spider pada situs web, sehingga terdapat kemungkinan informasi baru dari sebuah situs web yang telah diakses oleh elemen spider tidak tertulis dalam indeks katalog.
Elemen ketiga dari search engine adalah perangkat lunak {software) search engine itu sendiri. Program inilah yang memilah jutaan data dalam katalog yang berisi salinan halaman-halaman situs web dan mencocokkannya sesuai permintaan pengguna Internet dan kemudian menampilkan data ke layar monitor dan menyusunnya dalam daftar sesuai dengan peringkatnya.
Pada pembahasan ini, kita akan menggunakan Google untuk pencarian informasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © fatisa's blog